Rabu, 21 November 2012

TIPE-TIPE KONEKSI KE INTERNET

TIPE-TIPE AKSES INTERNET

1.Akses Dial-Up (Kecepatan Akses Internet-Dial Up melalui Jalur PSTN)
Tipe koneksi yang dapat disambung dan diputus kapan saja , biaya yang harus dibayar adalah sesuai dengan penggunaan saja . Kekurangan tipe ini adalah setiap akan mengakses internet harus memanggil nomor ISP terlebih dahulu dan kecepatan akses data sangat terbatas yaitu maksimal 128 kbps .

2. Akses Saluran ISDN (Intergrated Service Digital Network)
Tipe koneksi yang tersambung terus menerus selama 24 jam , sehingga biaya yang harus dibayar adalah dengan system paket namun kecepatan akses data masih terbatas . Kekurangan tipe ini adalah tidak dapat dibagi-bagi .


3. Akses Saluran ADSL / DSL (Asynchronus Digital Subscriber Line) / (Digital Subscriber Line)
Tipe koneksi yang tersambung terus menerus selama 24 jam , sehingga biaya yang harus dibayar adalah dengan system paket. Kecepatan akses sesuai dengan paket yang dipilih dan dapat dibagi ke dalam jaringan LAN, makin banyak komputer yang mengakses maka kecepatan akses makin berkurang .

4. Akses Saluran T1
Tipe koneksi yang tersambung terus menerus selama 24 jam dengan kapasitas besar dan kecepatan akses data yang sangat tinggi serta bebas gangguan, sehingga biaya sangat mahal, biasanya digunakan perusahaan perbankan atau instansi pemerintah .

5. Akses Saluran TV Kabel
Tipe koneksi yang tersambung terus menerus selama 24 jam, menggunakan jaringan TV kabel, kapasitas besar dan kecepatan akses data sangar tinggi . Negara yang menggunakan tipe jaringan ini adalah Amerika .

6. Akses Saluran Jaringan
Tipe koneksi dimana komputer harus dihubungkan dengan jaringan LAN yang sudah terkoneksi jaringan internet.

7. Akses Nirkabel (GSM atau CDMA)
Sama dengan Akses Dial Up hanya saja jaringan yang digunakan adalah jaringan telepon seluler

8. Akses Satelit
Tipe koneksi yang membutuhkan perangkat yang besar dan mahal . Kapasitas sangat besar dan kecepatan akses data sangat tinggi . Hanya lembaga penelitian saja yang menggunakan tipe koneksi ini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar