Rabu, 28 November 2012

10 SEARCH ENGINE DARI INDONESIA


1. CareerJet.co.id
CareerJet.co.id merupakan salah satu situs pencari Indonesia yang membantu kita mencari lowongan pekerjaan yang terdapat di Indonesia. CarrerJet.co.id memiliki 137.568 lowongan pekerjaan yang berasal dari Indonesia. Kita pun diperbolehkan mengiklankan lowongan pekerjaan kita disini. Cara menggunakannya yaitu kita diharuskan mengisi query di search box “apa : ” dan “dimana : “. Search box “apa : ” berfungsi memfilter pekerjaan, jabatan, ataupun nama perusahaan sesuai yang kita cari . Sedangkan search box
“dimana : ” berfungsi memfilter hasil pencarian sesuai tempat pekerjaan tersebut.

 

2. TukangCari.com

Domain yang didaftarkan di Internet.bs sejak 23 April 2011 ini adalah sebuah mesin pencari asal Indonesia yang memanfaatkan fitur Pencarian Kustom dari Google. Mesin pencari dengan tampilan yang minimalis ini memiliki 5 kategori pencarian, yaitu Umum, Berita, Belanja, Blog, dan Forum. Tidak hanya itu, TukangCari.com juga menyediakan fasilitas untuk Submit URL. Uniknya, segala hasil pencarian terbatas hanya untuk situs-situs yang memang berasal dari Indonesia. Untuk hasil pencarian, TukangCari.com menggunakan database sendiri yang dipadukan dengan database milik Google dan menggunakan filter sendiri agar hasil yang dicari lebih spesifik dengan cara membuang spam yang berasal dari database tersebut.

 
3. Warta.com


Warta.com merupakan mesin pencari berita pertama di Indonesia. Warta.com hanya mengindex situs-situs berita milik Indonesia saja. Warta.com terdaftar di MONIKER sejak 23 Desember 2004. Warta.com merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang sedang mencari sebuah berita di Internet daripada harus mengunjungi setiap situs berita Indonesia. Terbukti saat saya mencoba mencari berita Startup Asia yang ada di Kompas pada tanggal 18 Maret 2012, situs Warta.com menampilkan hasil pencarian yang saya maksud. Jadi bisa disimpulkan bahwa Warta.com itu UpToDate, karena rajin mengindex setiap situs berita yang ada di Indonesia.



4.  Pitoong.com
Pitoong.com di daftarkan di GoDaddy pada 1 Oktober 2011, dan menjadi salah satu search engine Indonesia. Dengan tampilan dan fungsi-fungsi yang hampir 100% sama dengan Google, Pitoong.com menggunakan script khusus search engine yang dibeli dari Inout Scripts. Database-nya masih belum selengkap Google & kemungkinan besar bukan memakai database milik sendiri. Pitoong.com mempunyai beberapa fitur unggulan, yaitu fitur translator, email, dan maps. Tetapi untuk maps itu sendiri masih menggunakan engine Google Maps versi lama. Selain itu, ada juga fitur pencarian twitter. Fitur itu akan membantu kita mencari tweet sesuai keywordnya.


 

5.  Goleoo.com
Domain Goleoo.com terdaftar di Webnic sejak 21 September 2011. Overall, Goleoo.com sama seperti Pitoong.com. Tampilannya pun mirip mesin pencari nomer 1, Google. Kemungkinan besar Goleoo.com pun menggunakan script dari Inout Scripts. Tapi di Goleoo.com ada fitur pencarian “Hanya dari indonesia”. Fitur ini berguna sebagai filter agar hanya menampilkan data dari Indonesia saja.







6.  Cangkok.com 
Cangkok.com pun masih berpenampilan mirip Google, namun tema yang digunakan adalah Google versi klasik, yang bisa dibilang sudah kadaluarsa. Database yang digunakan pun sepertinya versi lama, terlihat dari kecilnya jumlah hasil penelusuran jika dibandingkan Pitoong.com dan Goleoo.com. Namun sebagai sebuah mesin pencari asal Indonesia, Cangkok.com tetap memfilter hasil penelusurannya supaya hasilmya khusus dari Indonesia saja.





 
7. nowGoogle.com
 nowGoogle.com adalah multiple search engine popular hasil karya anak Indonesia yang baru dan mempunyai kemampuan yang unik.  

 
8. Basigi 
merupakan mesin pencari dengan tampilan yang masih sangat sederhana. "Pengembang Basigi mendesain Basigi untuk melayani pencarian data yang sesuai dengan kebutuhan pengguna lokal," begitu admin Basigi menulis dalam situs tersebut.

 

9.  Indonesia Search Engine.com 
merupakan search engine yang di claim terbaik setelah pitoong.com search engine ini sendiri di gemari oleh para blogger dan website untuk men submit urlnya di situs ini.
Selain itu search engine ini sendiri juga menyediakan jasa periklanan bagi yang ingin mempromosikan produk anda. website ini sendiri sudah berjalan sejak 2005 terlihat dari hak cipta yang di gunakan searchengine sendiri.
memang searchengine ini sendiri hal asing bagi orang. namun bagi para blogger kebanyakan website ini di buru untuk mendapatkan traffic dan backlink visitors.
 
10.  Gondez 
adalah sebuah search engine lokal asli Indonesia yang di kembangkan oleh Balbatech Network, meski masih dalam versi Beta tapi kedepan Gondez akan memiliki fitur jaringan iklan yang mirip dengan program Adword dan Adsense.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar